Jumat, 06 Mei 2011

LG Penyebab iPad 2 Langka

Tablet terbaru besutan Apple, iPad 2, baru saja di jual di Korea Selatan bersamaan dengan peluncuran iPad 2 di beberapa negara Asia lainnya sepeti Singapura, Hongkong, Jepang, dan Cina. Namun dua operator seluler negeri gingseng, SK Tel dan KT, kemarin mengumumkan bahwa mereka menghentikan sementara penjualan iPad 2 karena kehabisan stok. iPad 2 diketahui memang laris manis dan menciptakan antrian panjang di negara-negara yang secara resmi sudah menjual iPad 2 ini.

Kelangkaan iPad 2 di berbagai tempat yang bahkan membuat terhentinya penjualan tablet tersebut di sejumlah Negara bukan tanpa alasan. Sepertinya yang menjadi penyebabnya adalah salah satu perusahaan penyedia komponennya, khususnya bagian layar yang diproduksi oleh LG Display.

Salah seorang sumber yang dirahasiakan mengklaim kalau terdapat masalah produksi layar, tepatnya untuk layar LCD diatas generasi ke-enam yang diproduksi LG. Ini menyebabkan hanya tersedia sekitar 3.2 juta layar iPad antara bulan Januari hingga Maret. Sedangkan manufaktur lain seperti Samsung malah berhasil memproduksi layar lebih banyak (sekitar 7 juta) menurut Digitimes.

Tentu banyak penggemar tablet Apple di Korea Selatan yang sudah tidak sabar untuk memiliki iPad 2 ini menjadi sedikit kecewa. Apakah sedikit nya jumlah stok iPad 2 yang disiapkan oleh Apple menjadi salah satu alasan dari habis nya produk ini atau karena berlebih nya permintaan iPad 2 di Korea Selatan ? Apple lebih baik menyiapkan lebih banyak stok iPad 2 bila tidak ingin pencari tablet mengalihkan sasarannya ke tablet lain karena tidak sabar menanti stok iPad 2.

Memang bila dijumlahkan, angka tersebut jauh dari 4.69 juta unit iPad 2 yang telah terjual saat ini. Jadi masih masuk akal bila persediaan iPad 2 masih cukup banyak setidaknya hingga pertengahan tahun ini karena Apple telah menghentikan produksi iPad generasi pertama sejak awal 2011.

Namun begitu tetap saja iPad 2 memang sulit dicari di berbagai negara, ini dirumorkan karena masalah LG Display tersebut serta kurangnya standar waktu yang ditetapkan untuk produksi layar iPad. LG Display juga dikabarkan sedang memperbaiki masalah tersebut dan akan memproduksi layar iPad 2 lebih banyak lagi di musim semi 2011.

Benarkah demikian, atau mungkin ada faktor lain yang menyebabkan kelangkaan iPad 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar