Rabu, 23 Maret 2011

Quad core di jalur mobile

Perangkat mobile baik tablet maupun smartphone kini menjelma serupa seperti sebuah computer. Selain memori yang berkapasitas makin besar, prosessornya pun punya kekuatan yang makin cepat pula. Jika di computer sudah ada prosessor dual core dan quad core, di perangkat mobile pun keadaannya serupa. Ini karena kini, sejumlah aplikasi multimedia yang membutuhkan dukungan prosessor  yang lebih cepat mutlak dibutuhkan bagi perangkat mobile.

Qualcomm, vendor  teknologi yang bermarkas di San Diego Amerika Serikat yang menggebrak pasar prosessor peranti mobile. Pada ajang Mobile Word Congress 2011 di Barcelona pertengahan Februari lalu, Qualcomm mengenalkan arsitektur baru prosessor mobile di keluarga Snapdragon. Dengan nama kode Krait-prosessor yang disusun dengan desain micro arsitektur ini kecepatannya hingga 2,5GHz tiap corenya dan mampu menghardirkan 150% lebih tinggi. Tak hanya itu, konsumsi tenaganya  pun 65 persen lebih rendah dibanding prosessor berbasis ARM seperti saat ini. Untuk prosessor quad core Qualcomm memeri nama prosessornya sebagai APQ8064 yang diintegrasikan dengan beragam solusi seperti Wifi, Bluetooth, GPS, FM Radio, NFCm dan 3D video. “Revolusi Snapdragon dengan prosessor 1GHz pertama kembali terulang dengan generasi terbaru untuk menyambut gelombang mobile entertainment dam komputasi,” kata Steve Mollekopf, Executive Vice President and Group President Qualcomm dalam siaran pers perusahaan tersebut. Setidaknya kini ada 20 tablet yang menggunakan prosessor  Snapdragon dual-core dan menjadi terlihat prospektif mengenalkan Snapdragon quad core.

Dengan chip multi fungi tesebut, prosessor bisa mengeksekusi instruksi berganda yang datang pada waktu yang sama. Pendeknya, chip prosessor quad core mampu mengekseskusi intstruksi empat kali lebih cepat dibanding chip tunggal. Seperti halnya APQ8064 yang didesain untuk mengantisipasi generasi komputansi dan hiburan multimedia dengan grafis yang tajam tapi minim konsumsi baterai. Karena itu sejumlah dukukangan diberikan oleh prosessor ini yakni memori PC dan LP DDR, serial dan PCI interface. Dan multiple USB ports. Dukungan lainnya adalah integrasi dengan modem 3G dan LTE Qualcomm sehingga  konfigurasinya akan mudah disesuaikan bagi produsen ponsel atau tablet ketika merilis produknya di pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar