Senin, 21 Maret 2011

IPad 2 dapat menjadi langka

San Francisco - Gempa di Jepang dinilai bakal berdampak pada pasokan iPad 2. Ini karena ada komponen kunci yang digunakan di iPad 2 berasal dari Negeri Sakura. Bencana dahsyat di Jepang bisa jadi menghambat produksi komponen tersebut.

Komponen dimaksud seperti baterai dan flash memori yang dipakai untuk menyimpan data. Baterai iPad 2 dibuat di Apple Japan. Sedangkan NAND flash memory di iPad 2 antara lain dibuat oleh Toshiba, vendor yang berbasis di Jepang.

"Gangguan logistik mungkin berarti Apple memiliki kesulitan memperoleh baterai dan mungkin pula tidak bisa mengamankan suplai dari sumber eksternal di luar Jepang," demikian laporan dari biro riset, IHS iSuppli.

Produksi barang di sebagian fasilitas manufaktur di Jepang dilaporkan terganggu setelah gempa bumi dan tsunami menghantam negara ini. Toshiba jadi satu di antaranya. Mereka menghentikan produksi flash memory di sebuah pabrik dan memperingatkan kemungkinan gangguan distribusi barang.

Supplier komponen lain yang pabriknya beroperasi normal tetap menghadapi kemungkinan masalah logistik. Di samping baterai dan flash memory, komponen iPad 2 yang diproduksi di Jepang adalah kompas dari AKM Semiconductor dan DRAM memory dari Elpida Memory Inc

Permintaan iPad 2 sendiri cukup tinggi dalam pemasarannya di Amerika Serikat, dengan perkiraan satu juta unit terjual dalam debut minggu pertamanya. Apple tidak berkomentar apakah benar bencana di Jepang bakal mengacaukan suplai iPad 2 dan membuat barang menjadi langka di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar